Situ Cisanti: Merasakan Keindahan Panorama Alam 2020

Situ Cisanti menjadi salah satu wisata perawan yang sering dijadikan tempat bersantai bagi segerombolan pariwisata. Tanpa kamu sadari, Bandung memang menjadi kota idaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Buktinya, Ada aja objek wisata perawan menjadikan wisata kota Bandung selalu ramai dikunjungi. Terkhusus untuk berwisata ke Kota Bandung.

Meskipun tidak seindah situ lain di Jawa Barat. Namun, Situ Cisanti menjadi bahan perbincangan di sosial media yang ada. Berkat keindahan panoramanya itulah membuat situ cisanti menjadi sasaran empuk bagi kaum milenial saat ini.

Lokasinya berada tak jauh dari kampung pejaten yang dapat ditempuh dalam waktu dua jam dari pusat kota Bandung.

Semakin penasaran dengan keindahan panorama Situ Cisanti? Yuk simak selengkapnya!

Situ Cisanti – Objek Wisata Danau yang Menakjubkan

Situ Cisanti merupakan hulu dari sungai Citarum yang mana sungai tersebut adalah sungai terbesar di Jawa Barat. Saat berada di lokasi ini, jangan heran kalau kamu merasa terpukau dengan keunikan pemandangan dan kesegaran udaranya.

Di sini kamu juga bisa menjelajah ke berbagai daerah yang mengelilingi gunung wayang, malabar, bedil dan rakutak.

Situ Cisanti juga dekat dari objek wisata lainnya seperti kebun teh Pangalengan. Nah, kalau kamu sedang berada di kebun teh Pangalengan, maka kamu sudah berada dekat dengan Situ Cisanti ya. Nah jangan lupa dengan objek wisata Bandung yang satu ini!

Setelah mendapatkan perbaikan dari pihak pengelola wisata dan pemerintah, danau ini pun menjadi lokasi wisata yang cukup populer bagi kaum milenial saat ini. Terutama buat kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan.

Kamu tidak akan pernah mengira kalau danau ini dulunya sangat terkenal dengan polusinya, namun semua berubah secara bertahap sehingga menjadi salah satu objek wisata yang begitu bersih dan indah.

Kawasan danau Situ Cisanti juga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil dan gunung rakutak.

Situ Cisanti – Hulu Sungai Citarum

Situ yang merupakan danau kecil ini adalah bagian dari hulu sungai citarum. Sebab terdapat penampungan aliran dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum utama yang terdiri dari 7 mata air lainnya diantaranya:

Mata air citarum
Mata air Cikoleberes
Mata Air Cikahuripan
Mata Air Cihaniwung
Mata Air Cikawudukan
Mata Air Cisadane
Mata Air Cisanti
Ketujuh mata air tersebut ditampung di situ cisanti dengan debit air mencapai 200-400 liter perdetik. Menakjubkan bukan?

Aktivitas Di Lokasi Wisata Situ Cisanti

Sejumlah kegiatan unik dan seru dapat dilakukan saat berkunjung ke Situ Cisanti. Keseruan pertama yaitu kamu bisa merasakan keindahan alam sekitar danau yang hijau dan berfoto ria di berbagai spot yang instagrammable.

Agar wisata kamu menjadi lebih berkesan, kamu bisa mengelilingi situ cisanti sambil berfoto di beberapa spot seperti tugu kilometer Citarum.

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dan jalan pun sudah diberi tanda agar kamu tidak tersesat.

Lokasi yang paling banyak disorot oleh wisatawan yang datang adalah sebuah dermaga kecil yang sedikit menjorok ke tengah danau situ.

Nah, kalau kamu ingin berkunjung sekaligus camping, disini juga bisa tepatnya di pinggir danau ya.

Kini dermaganya pun sudah sangat terlihat lebih rapi, jadi cukup menarik untuk dijadikan spot foto.

Dan yang paling penting adalah, di sekitar area danau tidak ada warung. Sebab, ada aturan baru sehingga pengunjung juga dilarang membawa makanan dari luar. Namun, pusat perbelanjaan ada terpusat di bagian depan.

Situ Cisanti Juga Menyimpan Sejarah Petilasan Dipati Ukur
Selain menikmati pemandangan yang indah dan sejuk, di Situ Cisanti juga terdapat sebuah petilasan dipati ukur.

Beliau merupakan seorang wedana para bupati Priangan pada abad 17. Beliau juga salah seorang pemimpin pasukan untuk menyerang Belanda di Batavia.

Kini nama beliau diabadikan menjadi salah satu jalan di Kota Bandung. Di area petilasan Dipati Ukur memiliki sebuah mata air yang dikeramatkan sehingga tidak sembarang orang yang dapat masuk ke sini, biasanya didampingi oleh kuncen yang ada di lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *