Ini Dia Macam – Macam Jenis Iklan Google Ads Yang Perlu Anda Ketahui

Google merupakan mesin pencarian yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri mesin pencarian yang satu ini sering disebut dengan sebutan Mbah Google. Menurut data yang ada, terdapat lebih dari 2,3 juta pencarian yang dilakukan di Google setiap detiknya. Sebagian besar dari halaman hasil pencarian tersebut akan menyertakan iklan Google. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang mengiklankan usaha atau produk mereka lewat iklan Google ini mengalami peningkatan pengunjung yang signifikan.

Untuk dapat membuat atau menampilkan iklan Google tersebut, anda perlu membuat akun Google Adwords atau Google Ads. Apakah anda menyadari bahwa saat anda sedang mencari sebuah informasi di Google, iklan Google yang keluar atau muncul memiliki bentuk yang berbeda – beda ? Atau saat anda sedang masuk ke sebuah website tertentu akan muncul iklan juga disana ? Hal tersebut tidaklah mengherankan, hal tersebut karena Google Ads sendiri memiliki berbagai macam jenis iklan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis – jenis iklan Google tersebut. Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis – Jenis Iklan Google Ads

Terdapat beberapa macam pilihan iklan dan format iklan yang dapat anda gunakan untuk beriklan menggunakan Google Ads. Anda dapat memilih jenis iklan sesuai dengan tujuan atau target iklan anda, apakah iklan tersebut bertujuan untuk penjualan atau keperluan prospek anda. Berikut ini jenis – jenis iklan Google Ads :

  1. Search Ads

Jenis iklan Google Ads yang pertama adalah Search Ads. Jenis iklan yang satu ini merupakan jenis iklan yang muncul saat orang melakukan pencarian kata kunci tertentu di Google. Contohnya saja saat seorang user melakukan pencarian dengan keyword “toko bunga di Semarang”, maka mesin pencari akan beberapa toko bunga yang menggunakan iklan Google Ads. Contohnya saja seperti gambar di bawah ini :

google ads search
  1. Video Ads

Jenis iklan Google Ads selanjutnya adalah iklan Video Ads. Iklan yang satu ini berupa video yang biasanya akan muncul saat seorang user membuka sebuah video di YouTube. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

google ads video
  1. Display Ads

Iklan Display Ads biasanya akan anda temui ketika anda mengunjungi sebuah website dan menemukan berbagai macam iklan yang muncul. Biasanya iklan ini akan berbentuk gambar. Iklan yang ditampilkan di website ini dapat ditampilkan karena beberapa faktor, seperti kata kunci, minat audiens, dan lokasi geografis user. Iklan ini juga akan ditampilkan di halaman website yang relevan. 

  1. Shopping Ads

Apabila anda merupakan seorang pebisnis atau pengusaha yang ingin mempromosikan produk atau jasa buatan anda, iklan yang satu ini akan sangat cocok untuk anda. Iklan Shopping Ads akan mampu menampilkan berbagai macam informasi produk anda, seperti gambar, nama produk, nama penjual, dan harga produk. Iklan ini akan membantu anda menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan traffic website anda. Berikut ini contohnya :

google ads shopping
  1. App Ads

App Ads merupakan jenis iklan Google Ads yang sangat cocok bagi bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para klien. Iklan ini dapat ditampilkan di mesin pencarian, YouTube, dan juga PlayStore. Adanya iklan ini akan mendorong para pengunjung untuk mendownload aplikasi yang dipromosikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *