4 Jenis Kain Yang Paling Populer Untuk Pembuatan Hijab Printing

Saat ini, bisnis print hijab telah menjamur di mana-mana. Ya, hijab printing memang termasuk produk yang tidak ada matinya. Terlebih, dari waktu ke waktu, produk ini identik dengan desain dan motif yang sangat bervariatif.

Salah satu bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hijab printing adalah kain. Perlu diketahui, tidak semua jenis kain bisa dijadikan bahan pembuatan hijab printing.

Lalu, kain apa saja kain yang dapat dijadikan bahan pembuatan hijab printing? Berikut empat jenis kain yang paling populer digunakan sebagai bahan pembuatan hijab printing.

1. Kain Voal

Hingga saat ini, kain voal masih menjadi bahan terpopuler untuk pembuatan hijab printing. Ya, kain ini memang terkenal adem saat dikenakan. Sehingga, cocok dikenakan di daerah tropis, seperti negara kita.

Selain itu, kain voal memiliki tekstur halus dan lembut serta kerapatan yang bagus. Sekalipun bertekstur rapat, kain voal tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.

Satu lagi yang menjadi keunggulan kain voal. Kain ini tidak mudah mengalami penyusutan sekalipun dicuci berkali-kali. Sehingga, motif pada kain juga tidak mudah pudar.

2. Kain Satin

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia print hijab, pasti Anda sudah familiar dengan kain satin. Ya, kain ini sangat cocok untuk pembuatan hijab maupun scarf (selendang).

Kain satin merupakan bahan yang ringan dan adem saat dikenakan. Satu hal yang menjadi keunggulan satin adalah teksturnya yang mengkilap. Inilah mengapa hijab printing berbahan satin akan membuat wanita yang mengenakannya tampak lebih anggun.

Sama seperti voal, satin juga memiliki kerapatan yang bagus. Sehingga, saat proses print hijab, tinta tidak akan tembus ke sisi baliknya. Hal ini menjadi salah satu alasan kain satin sangat cocok digunakan sebagai bahan media printing tekstil, termasuk hijab printing.

3. Kain Katun

Kain katun yang terbuat dari serat alami tumbuhan dan hewan juga banyak digunaka untuk pembuatan hijab. Jenis kain ini memang terkenal sangat cocok untuk pengaplikasian motif di atasnya.

Katun memiliki sifat mudah meresap sehingga tinta print mudah menempel sesuai dengan desain atau motif yang diinginkan. Pada umumnya, katun yang digunakan untuk printing adalah katun Osaka (atau katun Jepang).

4. Kain Organza

Kain Organza termasuk kain mewah yang bertekstur mengkilap. Jenis kain ini terbuat dari serat sutradan yang mampu memantulkan cahaya.

Kain organza juga banyak digunakan dalam dunia print hijab. Karena kemewahannya, hijab organza sangat cocok dikenakan pada acara-acara resmi dan mewah, seperti kondangan.

Itulah empat jenis kain yang paling populer digunakan untuk pembuatan hijab printing. Bagi Anda yang tengah menggeluti dunia print hijab, empat jenis kain di atas dapat Anda jadikan referensi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *